Pameran Workshop Kartu Pos JALIN-SAHABAT #3

Sorry guys, no reply today ;)”
Pameran Workshop Kartu Pos JALIN-SAHABAT #3

Penyelenggara:
Anang Saptoto
SD Tumbuh 3
PT Pos Indonesia

Fasilitator workshop:
Ultramen, Viki Restina Bela, Niniek Febriany, Gilang Nuari

Pembukaan pameran:
📆 Minggu, 17 Desember 2017
⏰ 10.00 WIB

Pertunjukan:
Esqi & Yuki (Tamtamtada)

Pameran berlangsung selama:
17 Desember 2017 – 17 Januari 2018

📝
Selama pameran berlangsung, PT. Pos Indonesia akan membuat layanan pembuatan prangko Prisma. Teman-teman dari Kantor Pos juga bisa membantu pemotretan di ruang pamer untuk dijadikan prangko resmi yang akan dicetak di kertas prangko. Bagi yang ingin membuat kartu pos sendiri kami menyediakan kertas dan alat gambar di ruang pamer, sekaligus dapat dikirim langsung melalui kotak surat yang disediakan.

Pengantar pameran:

Senang sekali akhrinya pameran workshop JALIN-SAHABAT #3 ini dapat diselenggarakan. 100 kartu pos dari siswa-siswi SD Tumbuh 3 telah dikirim ke Gubernur Yogyakarta dalam rangka hadiah ulang tahun Yogyakarta yang ke-261. Meskipun pada akhirnya ke 100 kartu pos yang berisi sapaan, doa, kritik, dan harapan anak-anak untuk masa depan kota Yogyakarta belum sempat dibalas satupun, namun semangat dan harapan terbaik tetap mereka dituliskan dan disampaikan dengan baik.

Tepat di akhir September hingga awal Oktober, Workshop JALIN-SAHABAT #3 ini diselenggarakan bekerja sama dengan SD Tumbuh 3 yang terletak di nDalem Mangkubumen KTIII/264, Ngasem, Kraton, Yogyakarta.

JALIN-SAHABAT #3. Kami juga mengajak 4 seniman untuk memfasilitasi peserta workshop dalam membuat desain kartu pos dengan berbagai teknik. Mereka adalah: Ultramen, Viki Restina Bela, Niniek Febriany, Gilang Nuari. Namun karena banyaknya peserta workshop maka kelas kami bagi menjadi 4, yaitu: Preparatory (TK), Lower Grade (SD kelas 1-2), Middle Grade (SD kelas 3-4), dan Upper Grade (SD kelas 5-6).

Kemudian perwakilan dari 100 anak peserta workshop ini diajak ke kantor pos pusat Yogyakarta. Di sana mereka difasilitasi dalam sebuah workshop singkat mengenai pengenalan pos dan pengiriman langsung kartu pos yang mereka buat sendiri. Selain itu 100 kartu pos yang dibuat anak-anak ini juga dibuatkan prangko khusus dengan foto diri mereka. Layanan produk ini bernama Prangko Prisma. Sangat menyenangkan bagi anak-anak dan wali murid dapat membuat prangko resmi produksi kantor pos dengan foto diri mereka.

Tujuan diselenggarakannya Workshop JALIN-SAHABAT #3 tak lain adalah menghubungkan komunikasi anak-anak melalui metode kirim kartu pos. Workshop JALIN-SAHABAT ini diinisiasi oleh Anang Saptoto dari Minimi Studio, dan didukung penuh oleh PT. Pos Indonesia. Untuk penyelenggaraan yang ke #3 ini diselenggarakan atas kerja sama yang sangat luar biasa dengan sekolah SD Tumbuh 3 (Tumbuh Primary School, Bu Widy dan seluruh tim sekolah; Bu Utami, Bu Wenny, Pak Febry, dan orang tua lain dari Parents Committee SD Tumbuh 3. Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih untuk Via-Via Cafe yang telah memberikan kesempatan sehingga pameran dapat diselenggarakan sesuai rencana. Kami berharap workshop JALIN-SAHABAT ini dapat semakin luas menghubungkan tali komunikasi anak-anak baik di Indonesia hingga macanegara.

Salam hangat,
Anang Saptoto
SD Tumbuh 3
PT. Pos Indonesia