Center for Studies on Inclusive Education

CSIE

About CSIE

Center for Studies on Inclusive Education, selanjutnya disebut CSIE, merupakan salah satu divisi dari Sekolah Tumbuh di bawah payung Yayasan Edukasi Anak Nusantara yang beralamat di Komplek Universitas Widya Mataram, nDalem Mangkubumen KT III/273, Ngasem, Yogyakarta.

Sekolah Tumbuh adalah unit yang menjalankan pendidikan inklusi dan multikultur sejak tahun 2005. Dalam praktek pendidikannya, selama ini Sekolah Tumbuh mengembangkan kurikulum dan pengajaran dengan menggunakan referensi yang beragam baik yang menyangkut pedagogi itu sendiri maupun yang berkaitan dengan tahap-tahap perkembangan anak. Kemudian pada kenyataannya banyak temuan-temuan di kelas yang dapat dievaluasi dan direfleksikan yang dapat ditulis kembali dalam kerangka penelitian.

Sekolah Tumbuh ingin mewujudkan Research based practice yaitu praktek pendidikan di sekolah tumbuh yang berbasis penelitian ilmiah. Penelitian yang dimaksud di sini bisa berupa dua bentuk yaitu: a) mempraktekkan sebuah hasil penelitian pada pembelajaran di kelas, atau b) melihat praktek pembelajaran di kelas dengan kerangka penelitian ilmiah untuk kemudian ditulis dalam format jurnal ilmiah. Hasil dari penelitian yang dilakukan harapannya dapat dipublikasikan kepada masyarakat sehingga menjadi sumber belajar bersama.

Selain latar belakang di atas, sekolah Tumbuh juga ingin lebih mengoptimalkan fasilitasi semua kebutuhan anak, meliputi kebutuhan kognitif, afektif, sosial, dan perilaku. Melalaui CSIE, sekolah merancang program-program yang dilakukan sesuai asesmen kebutuhan serta bertujuan untuk memberikan dampak perubahan terhadap kebutuhan tersebut. Dari sini harapannya pembelajaran dengan memperhatikan individual differences dan education for all dapat diwujudkan.

CSIE diresmikan pada tanggal 9 Februari 2013. CSIE bergerak di bidang research (penelitian), publication (publikasi), dan training (pelatihan). CSIE diharapkan berfungsi sebagai pusat literatur atau referensi, pusat kajian/penelitian, pusat publikasi, dan pusat pelatihan di bidang pendidikan inklusi dan multikultur.

Visi CSIE

Anak tumbuh dan berkembang sebagai pembelajar yang berkarakter, menghargai keberagaman dan kearifan lokal, mencintai tanah air dan menunjukkan kesadaran sebagai warga dunia.

Misi CSIE

  • Sebagai support system bagi pelaksanaan pendidikan inklusi di Sekolah Tumbuh
  • Memberikan dukungan terhadap pengembangan pendidikan inklusi di Sekolah Tumbuh
  • Mengembangkan kerjasama dengan berbagai stake holders yang seiring dengan visi pendidikan inklusi

 

Tujuan CSIE

  • Memfasilitasi anak dengan berbagai latar belakang kebutuhan individu melalui program yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan
  • Menyediakan literatur dan sumber belajar untuk pengembangan kurikulum anak berkebutuhan khusus dan studi tentang multikultur
  • Melakukan kajian tentang penerapan pendidikan inklusi dan multikultur
  • Menerapkan hasil penelitian yang berwawasan global pada lingkup pendidikan yang lebih kontekstual serta sesuai kebutuhan dan tujuan lembaga
  • Mempublikasikan hasil kajian dan penelitian pada media yang dapat diakses masyarakat luas sebagai sumber belajar
  • Melakukan pelatihan baik internal maupun eksternal tentang pendidikan inklusi dan multikultur dalam rangka mewujudkan pendidikan inklusi pada lingkup yang lebih luas