Publication

Bidang publikasi ini berkaitan erat dengan bidang penelitian. Dalam program kerja CSIE, bidang publikasi bertujuan untuk menerbitkan hasil karya pada bidang penelitian. Dengan publikasi ini diharapkan bahwa implementasi pendidikan inklusi dan multikultur di Sekolah Tumbuh dapat diakses oleh masyarakat luas. Publikasi yang dimaksud antara lain adalah hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), laporan program, dan tulisan refleksi guru. Selain itu, Sekolah Tumbuh juga mempublikasikan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang mencerminkan pendidikan inklusi melalui web sekolah dan media sosial. Melalui publikasi, baik ilmiah maupun yang bersifat berita, CSIE dan Sekolah Tumbuh ingin turut serta memberikan warna pada dunia pendidikan di Indonesia dan juga dunia global.

Berikut beberapa karya CSIE yang telah dipublikasikan:

  • Andriana, Elga & Rosada, Admila. (2010). The Museum Project: An Interdisciplinary Approach of Social Studies for Multiage Grade 4-5. Presentation Paper. Jakarta: The Association of National Plus School.
  • Andriana, E., Widosari, Wahyu., & Rosada, Admila. (2015). The Biotechnology for Young Learner: Empowering Gifted Children to Bring Access to Science Knowledge in Inclusive Classrooms in Indonesia. Paper. 1st International Conference on Special Education (ICSE), Bangkok, Thailand: SEAMEO SEN.
  • Rosada, Admila., & Oktafiana, Sari. (2013). Learning Inclusive Values toward Inclusive Society: A Study to Evaluate How Inclusive School Community Conducts Inclusive Education In Promoting Inclusive Values. Proceedings. The 10th Biennial Conference of Asian Association of Social Psychology, Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University.
  • Rosada, Admila. (2012). I am not A Bully, I am A Buddy: sebuah Program Penanganan Bullying di SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Proceedings. Temu Ilmiah Nasional, Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University.
  • Widosari, Wahyu., & Rosada, Admila. (2013). Biotechnopreneurship: An Introduction of Biotechnology and Entreprenuership Program in Addressing Behavioral Problems of Gifted Children from Tumbuh Elementary School, Yogyakarta, Indonesia. Proceedings. International Conference on Education, Research, and Innovation, Yogyakarta, Indonesia: Yogyakarta State University.

The 1st International Conference on Special Education, Bangkok, Thailand (ICSE 2015)

CSIE

Paper

The Biotechnology For Young Learner: Empowering Gifted Children to Bring Access to Science Knowledge in Inclusive Classrooms in Indonesia

Download Paper

Download