School Canteen (Tumbuh Primary School 1)

Di pojok kiri sekolah terdapat bangun joglo semi modern yang kami gunakan sebagai kantin. Kantin Tumbuh berdiri bersamaan dengan berdirinya SD Tumbuh. Pada awalnya kantin ini difungsikan sebagai dapur yang tugasnya adalah menyiapkan makan siang bagi warga sekolah. Pada perkembangannya, kebutuhan jajanan untuk anak sesuai dengan perkembangannya. Dengan kegiatan yang cukup beragam, mereka membutuhkan asupan makanan yang jauh lebih banyak. Karenanya dapur sekolah kemudian dilengkapi dengan berbagai macam jajanan, baik makanan ringan maupun berat.

Darimana datangnya berbagai makanan yang dijajakan di kantin Tumbuh? Sekolah bekerjasama dengan beberapa orangtua menyediakan beberapa penganan sehat dengan harga terjangkau. Macam-macam makanan yang dijajakan cukup beragam dan berganti sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Yang berbentuk minuman antara lain susu segar, yogurt, jamu tradisional, milo, jeruk/teh, dan berbagai jus buah. Sementara beberapa makanan yang tersedia antara lain berbagai makanan ringan, nasi bungkus dengan berbagai lauk, baik tradisional maupun modern, berbagai penganan gorengan, makanan tradisional, dan sebagainya.

Sebagai sekolah yang memiliki karakter Enterpreneur, kegiatan jual beli di kantin dijadikan salah satu media pembelajaran teman-teman anggota koperasi anak SD Tumbuh 1. Anak-anak diajak untuk turut serta mengelola kantin, mulai dari menyediakan barang, memberikan pelayanan pada teman-teman yang bertransaksi, dan menghitung penghasilan pada hari tersebut.

Kantin Tumbuh juga turut berpartisipasi dalam meningkatan kesehatan makanan. Bekerjasama  dengan puskesmas kecamatan Jetis, kami mendapatkan pendampingan pengecekan makanan dan minuman sehat yang dilakukan secara rutin. Kantin Tumbuh juga turut aktif mengikuti kegiatan lomba kantin sehat di tingkat kecamatan.