sdtumbuh

Tumbuh Primary School 2

 

Sekolah Museum Tumbuh

Dengan mengusung konsep Sekolah Museum, SD Tumbuh 2 mencoba memperkaya proses pembelajaran dengan mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dengan bidang seni. Secara konkret, edukator mengembangkan kurikulum dengan pendekatan inquiry dan model integrated learning di setiap awal semester dalam bentuk topik-topik dan proyek inkuiri yang berkesinambungan.

Topik dan proyek yang telah dirancang ini kemudian diturunkan menjadi kegiatan-kegiatan harian yang dilakukan dengan metode active learning. Dalam kegiatan harian, anak-anak didorong untuk melakukan eksplorasi dan menuangkan hasil pembelajarannya berupa karya seperti gambar, lukisan, produk 3 dimensi, film, produk makanan, dan sebagainya. Hasil karya anak dalam proses pembelajaran dipamerkan di museum sekolah tumbuh yang letaknya dapat di ruang khusus (ruang pameran) atau di area sekitar sekolah sebagai wujud karya seni di area publik. Selain itu, hasil karya anak juga dapat dipamerkan di lingkup yang lebih luas seperti di galeri seni sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas. Pameran karya anak juga dapat berupa exhibition dan fair yang mengundang masyarakat untuk menikmati hasil karya anak. Konsep sekolah museum ini diharapkan dapat memberikan apresiasi pada anak-anak untuk terus berkarya dan bangga akan karya mereka tersebut.

 

Tumbuh Primary School 2 Latest News

  • Syawalan keluarga besar Sekolah Tumbuh di Kampus Sewon Bantul

    Syawalan keluarga besar Sekolah Tumbuh di Kampus Sewon Bantul

    12 Juli 2017, Seluruh Edu dan Staff Sekolah Tumbuh mengikuti kegiatan di Kampus 4 Sewon Bantul. Acara diisi dengan beragam kegiatan, antara lain tumpengan, potong tumpeng oleh KPH. Wironegoro sebagai simbol dimulainya kegiatan belajar-mengajar di kampus Sewon, syawalan, potluck party …
  • Edu dan Staf SD Tumbuh 2 nonton bareng film The Front of The Class

    Edu dan Staf SD Tumbuh 2 nonton bareng film The Front of The Class

    10 Juli 2017, Edu dan Staff SD Tumbuh 2 memulai hari pertama beraktivitas dengan menonton film FRONT OF THE CLASS (2008) yang mengisahkan seorang pengidap Tourette Syndrom yang bersikeras tidak ingin menjadi apapun selain guru karena itulah panggilan jiwanya. Tourette …
  • Pengayaan konsep Multi Usia di SD Tumbuh 2

    Pengayaan konsep Multi Usia di SD Tumbuh 2

    14 Juli 2017, Edu Kelas dan Edu Mapel SD Tumbuh 2 mengikuti kegiatan diskusi bersama HoC tentang pengayaan konsep Multi Usia di SD Tumbuh 2 dan menyusun materi pembelajaran dengan Kurikulum 2013.