Menanamkan Cinta Budaya dan Kearifan Lokal

Sekolah Menengah Atas Tumbuh @tumbuh.highschool menanamkan cinta budaya dan kearifan lokal kepada siswa-siswinya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui mata pelajaran muatan lokal, Bahasa Jawa. Dalam pembelajaran ini, siswa tidak hanya mengenal budaya lokal melalui teori namun juga praktik.

Beberapa waktu yang lalu, Edukator Bahasa Jawa SMA Tumbuh, Ibu Dwi Lestari S.Pd @dwi123avee mengajak siswa-siswi untuk mempraktikan cara mewiru/miru jarik Yogyakarta. Mewiru/miru jarik adalah kegiatan melipat kain batik khas Yogyakarta dengan pola tertentu untuk kemudian dipakai sebagai bagian dari busana adat Yogyakarta. Kain jarik tersebut biasanya digunakan dalam acara adat di lingkungan Yogyakarta.

Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi, siswa-siswi SMA Tumbuh tetap dapat melakukan praktik pembelajaran ini dari rumah masing-masing. Berbekal video tutorial dari Edukator, mereka mempraktikan kegiatan tersebut dengan optimal. SMA Tumbuh berkomitmen untuk menciptakan generasi berwawasan global dengan pondasi cinta budaya tanah air.

Lalu bagaimana hasil dari mewiru/miru jarik tersebut? Geser gambar ini yuk untuk melihatnya…!

@csie_tumbuh
@bksahabatths
@tumbuh.highschool
@sekolahtumbuh
@kopsis_ths
@sd.tumbuh1
@sd_tumbuh2
@tumbuhprimary3
@sekolahtumbuh4

#daringsekolahtumbuh
#sekolahtumbuh
#tumbuhhighschool
#permakultur
#sekolahalam
#sekolahmenyenangkan
#merdekabelajar
#sekolahinklusi
#sekolahmultikultur
#cambridgecurricullum
#internationalcambridgecurricullum

Tumbuh High School (SMP dan SMA)
📍Jl KH Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Bantul.
Info Penerimaan Siswa Baru :
📱 085100390162 (SMP)/ 081328334471 (SMA)
📞 (0274) 2891091
📧 highschool@sekolahtumbuh.sch.id