TUMBUH DALAM KEBERAGAMAN, MENJADI PRIBADI YANG TOLERAN

Selasa (16/11), bertepatan dengan Hari Toleransi Sedunia, Sekolah Tumbuh meresmikan Buddhastupa Nyanasambhara sebagai wujud semangat toleransi terhadap keberagaman yang ada di Sekolah Tumbuh, khususnya keberagaman dalam beragama.

Mengangkat tema Hidup Berbahagia di Tengah Keberagaman, Peresmian Buddhastupa Nyanasambhara diawali dengan Prosesi Pujha yang dipimpin oleh Bikkhu Sasana Bodhi Mahathera yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh KPH Wironegoro selaku Ketua Yayasan Edukasi Anak Nusantara.

Pada kesempatan ini, Bikkhu Sasana Bodhi Mahathera juga memberikan Dharmadesana dengan tema pentingnya pengetahuan untuk mencerahkan kehidupan. Buddhastupa Nyanasambhara sendiri berarti suatu pengetahuan atau ilmu yang menuntun untuk menuju pada pencerahan, kemuliaan dan kesucian. Buddhastupa Nyanasambhara adalah stupa bercirikan Buddha sebagai simbol usaha mencapai spiritualitas tertinggi melalui pengumpulan daya pengetahuan. Pondasi Buddhastupa Nyanasambhara berbentuk mandala sebagai pusat untuk meditasi atau pengolahan spiritual.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan secara Hybrid, berlangsung sejak pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB diawali dengan pembukaan doa multikultur yang dipimpin oleh siswa-siswi Sekolah Tumbuh perwakilan dari lima agama, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pembina Masyarakat Buddha DIY Drs. Saryono, Prosesi Pujha dan penandatangan prasasti, pembukaan Virtual Exhibition The Power of Diversity dari SMA Tumbuh, serta Persembahan dari edukator dan siswa-siswi Sekolah Tumbuh kampus terpadu berupa Musikalisasi Puisi berjudul ‘Toleransi adalah Rumah Kita’.

Buddhastupa Nyanasambhara di Sekolah Tumbuh Kampus Terpadu menambah satu tempat peribadatan bagi siswa Sekolah Tumbuh untuk pemeluk Buddha, setelah sebelumnya sudah ada Mushola untuk pemeluk Islam dan Pelinggih Padmasari untuk pemeluk Hindu. Dalam hal ini juga diharapkan tempat peribadatan ini tidak hanya digunakan untuk warga Sekolah Tumbuh saja, namun juga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar. Semoga semangat toleransi akan semakin terpupuk dan tumbuh menjadi napas yang selalu menghidupi keberagaman.

Anak tumbuh dan berkembang sebagai pembelajar yang berkarakter, menghargai keberagaman, mencintai tanah air, dan kearifan lokal, serta menunjukkan kesadaran sebagai warga dunia

Kontak

Kampus Terpadu
Jl. KH. Ali Maksum Panggungharjo, Sewon, Bantul, 55188
+628112535100

info@sekolahtumbuh.sch.id

Layanan

CSIE
Digital Learning
PSB Online
Sibro
E-learning

Connect with us:

Copyright © 2021 Yayasan Edukasi Anak Nusantara. All right reserved