SD Tumbuh 2 Persembahkan Tari Dalam School Got Talent Beautyverse Experience 2023

Sekolahtumbuh.sch.id - 06 November 2023 11:05 - Ana Subagya

Ragam aktivitas yang ada di Sekolah Tumbuh merupakan upaya untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan apa bakat yang mereka miliki. Salah satunya, mengajak anak berpartisipasi untuk berani tampil di ruang publik seperti pameran dan pementasan.


Pada Sabtu (4/11), SD Tumbuh 2 mendapatkan kesempatan untuk menampilkan pementasan Tari di Pakuwon Mall dalam acara School Got Talent dari Beautyverse Experience 2023. Penampil merupakan siswa yang mengikuti Klub Tari yang berjumlah 18 siswa yang terbagi menjadi dua tarian yakni 12 siswa dari lower grade membawakan tari kreasi baru Tari Topi, serta 6 siswa dari middle dan upper grade membawakan Tari Angguk dari Kulon Progo.


Dari Koordinator Kesiswaan SD Tumbuh 2 Ibu Haknyonowati memaparkan bahwa siswa yang tampil tersebut beragam termasuk siswa yang memiliki kebutuhan spesial juga diberi kesempatan untuk tampil. Dalam hal ini siswa akan belajar untuk melakukan pengkondisian diri dan juga bagaimana melakukan kerja sama dengan teman dalam satu tim atau kelompoknya. Dengan demikian, siswa akan mendapatkan sebuah pengalaman bahwa hasil dari latihan mereka selama ini juga dapat dinikmati oleh masyarakat lebih luas.


Proses latihannya sudah dimulai sejak bulan Agustus 2023 lalu, dimana jadwal klub atau ekstrakurikuler di SD Tumbuh 2 sudah berjalan. Antusias orang tua juga sangat positif dan sangat mendukung kegiatan-kegiatan untuk menambah pengalaman anak khususnya di ruang terbuka, dalam artian tidak hanya pada pentas seni akhir semester di sekolah saja.


Sekolah Tumbuh mempercayai bahwa setiap anak adalah unik, dan berhak mendapatkan fasilitas pendidikan yang sama. Berbagai kegiatan pembelajaran pun diolah sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang maksimal baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Salah satu bentuk output dari kegiatan tersebut adalah menampilkan karya anak lewat ruang seni dan budaya di luar lingkungan sekolah dan memperkenalkan kepada anak bahwa ruang lingkup belajar dan berkarya bisa di mana saja, dan hasil karya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.