Lilin Aroma Terapi dari Minyak Jelantah Sebagai Program P5 SMA Tumbuh

Sekolahtumbuh.sch.id - 21 November 2023 12:48 - Ana Subagya

Intensive Program kembali dilaksanakan di SMA Tumbuh. Dengan mengangkat tema Smart, Eco and Glow, Intensive Program 2023 terlaksana pada 15-17 November 2023 dengan aktivitas pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah. Program ini juga merupakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Berekayasa dan Berteknologi yang bekerjasama dengan Eco Sae Migunani.

Tema dan kegiatan ini dipilih dengan latar belakang banyaknya sampah yang masih menumpuk di sekitar lingkungan masyarakat, sehingga perlu adanya tindakan untuk pengolahan atau daur ulang agar tidak terjadi penumpukan. Pada kesempatan ini, siswa SMA Tumbuh yang terdiri dari kelas 10 dan 11 mempersiapkan bahan-bahan untuk pembuatan lilin aroma terapi tersebut berupa minyak jelantah sebanyak 1 liter per kelompok, krayon bekas sebagai bahan pewarna, bunga-bungaan seperti cengkeh, sereh, atau kulit jeruk sebagai hiasan lilin, dan parfum atau wewangian non alkohol sebagai penambah aroma.

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari. Diawali dengan workshop dan demo pembuatan sabun dan lilin aroma terapi dari minyak jelantah bersama Eco Sae Migunani di hari pertama, dilanjutkan dengan praktik proses pembuatan lilin aroma terapi dan penentuan branding produk seperti pembuatan nama dan logo dari produk yang dibuat. Di hari terakhir, siswa SMA Tumbuh akan presentasi dan juga memasarkan produk yang telah dibuat kepada pengunjung yang datang ke pameran hasil karya.

Harapan dari dilaksanakannya Intensive Program ini adalah agar siswa dapat meningkatkan kesadaran terhadap kepedulian lingkungan dan masalahnya terutama perihal sampa. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat mendapatkan keterampilan baru dalam hal rekayasa teknologi khususnya dalam hal menggali minat dan bakat dari siswa SMA Tumbuh.