Bercengkerama di Ruang Keluarga Lewat Pameran Seni Rupa

Sekolahtumbuh.sch.id - 27 November 2023 14:52 - Ana Subagya

SD Tumbuh 2 menggelar Pameran Seni Rupa Ruang Keluarga pada 21 November hingga 20 Desember 2023 bertempat di Galeri SD Tumbuh 2, Jalan Prof. Dr. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta. Karya yang dipamerkan telah dikurasi menjadi 16 dan merupakan karya dari siswa, edukator, staf, orang tua dan alumni dari SD Tumbuh 2 yang telah berproses sejak Oktober lalu.


Ruang Keluarga dipilih menjadi tema dalam pameran ini karena ruang keluarga adalah tempat antar individu dalam sebuah rumah dapat berinteraksi dengan bebas tanpa adanya privasi layaknya kamar tidur yang sifatnya sangat personal untuk sang pemilik kamar.


Andi Purnawan Putra selaku penulis dalam pembukaan pameran ini memaparkan bahwa pameran ini merupakan ruang yang dapat menjadi tempat untuk menampilkan karya. Pameran juga digelar dengan nuansa yang sama persis dengan yang ada dalam keluarga yakni selalu ceria dan menyenangkan. "Semoga ini bisa menjadi langkah awal dan langkah selanjutnya, serta dapat menginspirasi kampus lain untuk memamerkan hasil karya pembelajaran anak", pungkasnya.


Baca juga : SMP Tumbuh Gelar Sustainable Development Goals Week


Kurator dalam Pameran Seni Rupa Ruang Keluarga Andri Kurniawan mengungkapkan bahwa proses dalam pameran ini cukup singkat yakni sekitar 2 bulan, dimulai dari sosialisasi dan pengumpulan karya pada awal Oktober, kemudian kurasi hingga penentuan layout pameran yang dibantu oleh orang tua siswa SD Tumbuh 2.


Andri juga menambahkan bahwa harapan ke depannya SD Tumbuh 2 dapat berkolaborasi dengan Tumbuh Hospitality and Arts School pada program eksplorasi seni. Hal ini juga merespon keinginan orang tua bahwa pendampingan di sekolah tidak hanya dalam hal akademik saja, namun juga mewujudkan karya seni yang dapat dinikmati dalam agenda pameran.


SD Tumbuh 2 pada tahun ajaran 2023/2024 mengusung tema Broadcaster and Content yang membuat pameran ini juga memiliki tema yang berkaitan dengan komunikasi dan kemudian tercetuslah komunikasi interpersonal yang ada di rumah yakni ruang keluarga.