SMP Tumbuh Gelar Sustainable Development Goals Week

Sekolahtumbuh.sch.id - 22 November 2023 18:19 - Ana Subagya

SMP Tumbuh selenggarakan Sustainable Develompent Goals Week (SDGs) untuk seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9. Dengan mengangkat tema Good Health and Well Being: Good Life, Good Health, for Everyone Everywhere, SDGs dilaksanakan selama 5 hari, 13 hingga 17 November 2023 bertempat di Sekolah Tumbuh Kampus Terpadu, Jalan KH Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Bantul.


Kegiatan ini mengajak siswa SMP Tumbuh untuk turut andil berperan bagi lingkungan sekitarnya. Siswa akan membuat projek yang bersumber dari masalah yang sering ada di masyarakat, kemudian melakukan identifikasi, menganalisa, dan membuat karya yang orisinil. Melalui kegiatan ini, siswa juga akan belajar mendokumentasikan projek mereka dalam bentuk karya tulis ilmiah.


Selama lima hari, siswa SMP Tumbuh akan melakukan kegiatan yang berbeda dalam rangkaian SDGs ini. Diawali dengan pelatihan bersama Janu Muhammad, S.Pd dari Sayur Sleman untuk materi tema proyek SDGs dan Rizal Burhanudin dari Risetnesia untuk materi karya tulis ilmiah, kemudian menentukan topik yang akan diangkat, mengerjakan penulisan karya ilmiah, dan diakhiri dengan presentasi serta pameran project yang telah dibuat.

Baca juga : Lilin Aroma Terapi dari Minyak Jelantah Sebagai Program P5 SMA Tumbuh


Untuk kegiatan akhirnya siswa SMP Tumbuh akan memamerkan hasil dari project yang dikerjakan dalam kelompok dan menjelaskan kepada pengunjung tentang kasus yang mereka angkat. Output dari projectnya pun beragam, seperti poster, karya, social campaign, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, siswa juga diminta untuk melakukan presentasi kreatif untuk memberikan penjelasan tentang temuan-temuan mereka berdasarkan data dan juga ide-ide yang dituangkan untuk SDGs tersebut.


Sustainable Develompent Goals Week ini merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raga dengan tujuan kegiatan yakni menyediakan ruang bagi siswa untuk turut andil memberikan dampak bagi lingkungan sekitarnya, menggali kreativitas dan menghasilkan karya dan gagasan yang orisinil serta sebagai media bagi siswa untuk menyampaikan gagasannya ke forum yang lebih luas di luar SMP Tumbuh.