CSIE Sekolah Tumbuh Rilis Buku “Seni Menciptakan Lingkungan Positif di Sekolah”

Sekolahtumbuh.sch.id - 02 September 2023 10:04 - Ana Subagya

Sekolah Tumbuh bersama dengan Center for Studies on Inclusive Education (CSIE) Sekolah Tumbuh merilis buku ke-5 bertajuk “Seni Menciptakan Lingkungan Positif di Sekolah”. Launching buku ini dilakukan virtual melalui live Instagram pada Jumat (1/9) menghadirkan Rizky Satria sebagai Editor Buku ke-5, Agnes Heni Rahmawati sebagai perwakilan salah satu penulis, serta Cintya Sih Nareswari dan Cintantya Sih Nareswari dari SMA Tumbuh sebagai perwakilan ilustrator.


Head of CSIE Sekolah Tumbuh Sri Rahayu Widyastuti mengungkapkan bahwa launching buku ini dilakukan di bulan September sekaligus menyongsong perayaan International Literacy Day yang jatuh pada 8 September mendatang.


Seni Menciptakan Lingkungan Positif di Sekolah adalah buku ke-5 yang diterbitkan oleh CSIE Sekolah Tumbuh melalui proses yang telah dilakukan sejak 2022. Buku ini juga merupakan hasil karya dari edukator dan staf Sekolah Tumbuh dan berkolaborasi dengan siswa sebagai ilustrator. Rangkaian prosesnya antara lain melakukan sebuah penelitian di lingkungan sekolah dengan mengangkat tema besar Jogja Educational Spirit, dilanjutkan dengan pelatihan penulisan ilmiah populer, lalu membuat tulisan dengan mengubah tulisan karya ilmiah hasil penelitian ke tulisan ilmiah populer, dan diakhiri dengan editing serta proses ilustrasi dari hasil tulisan.


Rizky Satria sebagai editor buku ke-5 ini mengatakan bahwa semua rangkaian aktivitas di proses penulisan di buku ini sangat menarik. Karena penelitian yang dilakukan oleh edukator di Sekolah Tumbuh sudah melakukan penelitian tidak hanya tindakan kelas, namun juga hal lain dengan berbagai macam metode. "Yang ditulis bukan hanya praktik baik tapi praktik baik yang berbasis data, karena ada proses penelitiannya dulu yang sistematis dan sesuai dengan kaidah keilmuan", tambahnya.


Baca juga : SD Tumbuh Jadi Salah Satu Penampil di Yogyakarta Gamelan Festival ke-28


Dalam hal ini, peran ilustrator juga sangat penting dari serangkaian proses penerbitan buku tersebut. Sama seperti penulis, ilustrator yang merupakan siswa-siswi yang dipilih dari jenjang SD, SMP dan SMA di Sekolah Tumbuh juga melalui pelatihan dan bedah naskah untuk kemudian mendapatkan ide dari tulisan yang dibuat oleh edukator mereka. Dengan dibimbing oleh edukator Art di Tumbuh High School Andi Pensilterbang, ilustrator dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan merasa senang karena telah dipercaya untuk membuat ilustrasi di buku ke-5 ini.


Pengalaman untuk jadi salah satu penulis di buku Seni Menciptakan Lingkungan Positif di Sekolah oleh edukator dan staf juga merupakan hal yang berharga. Karena selain kesibukan untuk pekerjaan dan mengajar, para penulis juga ditantang untuk mengubah menjadi tulisan populer yang tetap berbasis dengan data namun dengan bahasa yang lebih ringan. Dari perwakilan penulis yang juga edukator dari SMP Tumbuh Agnes Heni Rahmawati menuturkan bahwa proses penulisan ini dapat menjadi pengantar menuju pengalaman-pengalaman lain yang berharga. Bahkan untuk saat ini, tulisan hasil penelitiannya telah berhasil dirubah untuk versi jurnal internasional.


Seni Menciptakan Lingkungan Positif di Sekolah sudah bisa dipesan mulai bulan September 2023 ini melalui CSIE Sekolah Tumbuh. Dan rencananya dalam tahun ajaran ini, CSIE Sekolah Tumbuh akan kembali memiliki program penelitian dan penulisan bagi edukator dan staf Sekolah Tumbuh. Hal ini dilakukan agar memperkaya publikasi penulisan di Sekolah Tumbuh khususnya tulisan tentang praktik baik belajar dan mengajar di sekolah inklusi.