Gatra Saka Ngayogyakarta : Pameran Karya Miniatur Sumbu Filosofi Yogyakarta di SD Tumbuh 2

Sekolahtumbuh.sch.id - 14 June 2023 13:34 - Ana Subagya

SD Tumbuh 2 merayakan akhir semester genap 2022/2023 dengan menggelar pentas seni, pameran karya dan bazaar pada Rabu (14/6) di komplek Jogja National Museum, Jl Amri Yahya No. 1 Yogyakarta. Dengan tema "Gatra Saka Ngayogyakarta, SD Tumbuh 2 menyuguhkan nuansa sekitar sumbu filosofis Yogyakarta, berpadu dengan penampilan seni dan jajanan khas Yogyakarta.

Dibuka dengan penampilan gamelan dari siswa-siswi SD Tumbuh 2, dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbol dibukanya pameran karya hasil pembelajaran selama satu semester dengan tema Sumbu Filosofis Jogja. Para pengunjung diajak untuk menjelajah miniatur Sumbu Filosofis mulai dari Kandang Menjangan hingga Tugu Jogja. Miniatur ini dibuat sebagai hasil karya dari tema pembelajaran siswa, berserta karya dari aktivitas yang dilakukan. Seperti misalnya menggambar Tugu Jogja, melukis Kandang Menjangan dengan media totte bag, membuat maket kawasan Kraton Yogyakarta dan lain sebagainya.


Baca juga : Luluskan 120 Siswa, Sekolah Tumbuh Gelar Pelepasan Siswa Tahun Ajaran 2022/2023



Untuk bazaar, suguhan kuliner yang disajikan adalah kuliner legendaris dan tradisional dari Jogja seperti jadah tempe, kipo khas Kotagede, wedang uwuh, gandos, bakmi pentil, dan masih banyak lagi. Bahkan juga beberapa makanan yang dijual memiliki filosofi dan makna tersendiri, misalnya tentang persaudaraan dalam lengketnya lopis, tentang kelembutan dan keuletan dalam uniknya bulatan klepon atau tentang kerendahan hati dalam gurihnya lemper. Selain itu ada pula bazaar aneka busana dan juga aksesoris. Bazaar ini merupakan kolaborasi sekolah dengan orang tua siswa yang tergabung dalam komite dan paguyuban kelas. Sehingga setiap kelas perwakilan orang tua/wali akan membuka lapak untuk berjualan.

Dalam prosesnya, pembelajaran di satu semester pun dilakukan dengan beberapa kegiatan di luar kelas. Seperti kunjungan ke museum-museum, mini trip menyusuri Sumbu Filosofi Jogja, observasi dan membuat karya untuk dipamerkan. Melalui tema ini, diharapkan siswa dapat memaknai bagaimana filosofi Yogyakarta yang sarat akan makna dan serta menjaga warisan budaya Yogyakarta dan bangga bahwa Yogyakarta istimewa.