Luluskan 120 Siswa, Sekolah Tumbuh Gelar Pelepasan Siswa Tahun Ajaran 2022/2023

Sekolahtumbuh.sch.id - 10 June 2023 11:15 - Ana Subagya

Sekolah Tumbuh tahun ini meluluskan 120 siswa dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA yang dirayakan dengan agenda Pelepasan Siswa Sekolah Tumbuh Tahun Ajaran 2022/2023 pada Rabu (9/6) bertempat di Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta. Pelepasan siswa ini dilaksanakan dengan tema "Nurture Nature Nourish Future" dan dengan menggunakan busana nuansa earth tone ethnic Nusantara.

Sekolah Tumbuh bersama Yayasan Edukasi Anak Nusantara mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh edukator dan orang tua untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal. Karena sekolah meyakini bahwa kegiatan belajar yang dilakukan secara gembira akan berpengaruh bagi keseharian anak. Dinamika perasaan yang dialami anak dapat memberikan peran besar ketika dewasa, terutama untuk memperoleh keberhasilan.


Mengenai hal tersebut, kerja sama dengan orang tua juga memiliki peranan yang penting terutama dalam membangun komunikasi positif dan juga untuk menyamakan visi misi dalam membimbing anak belajar. Hal ini disampaikan oleh Fransisca Deasy melalui pemaparannya sebagai perwakilan dari orang tua siswa, bahwa orang tua juga belajar tentang hal terpenting dalam sebuah hasil itu bukan angka, melainkan karakter yg kuat. Misalnya perihal kasih dan empati yang saat ini harus dimiliki oleh siapapun dan harus disadari bahwa jika kedua hal tersebut sudah dimiliki, maka semua hal baik akan mengikuti.


Baca juga : University of Münster Undang Sekolah Tumbuh dalam Intensive Summer Camp 2023 di Jerman


Selanjutnya Wakil kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Suhirman, M.Pd dalam sambutannya memaparkan bahwa turut bangga atas pelepasan siswa di Sekolah Tumbuh dan juga bangga pada sistem pendidikan yang sangat memperhatikan kebutuhan siswa. Beliau berharap siswa yang lulus dapat meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan juga selalu berprestasi.


Pelepasan Sekolah Tumbuh Tahun 2023/2024 diwarnai dengan hal baru yakni untuk pertama kalinya meluluskan 3 siswa TK Tumbuh dengan memberikan prosesi simbolis berupa penyerahan 3 plakat sebagai pertanda bahwa Sekolah Tumbuh memiliki 3 Pilar Ketumbuhan yakni Jogja Educational Spirit, Inklusif-Multikultur, serta Keistimewaan Kampus. Selain itu, menghadirkan pula alumni yang memberikan motivasi dan inspirasi positif serta persembahan tari sebagai special performance.


Wresti Wrediningsih dalam sambutan perwakilan Yayasan Edukasi Anak Nusantara mengungkapkan bahwa akan ada konten baru dalam visi-misi Sekolah Tumbuh yang akan dilaksanakan di 2023/2024. Program tersebut diantaranya penguatan wawasan kebangsaan dan daya kompetisi global serta program internasional yang akan kembali dikuatkan di sekolah seperti melaksanakan kembali student exchange yang sudah dimulai pada 2022 lalu oleh Tumbuh High School, serta memperkuat relasi dari edukator dan staf di agenda-agenda skala internasional.