University of Münster Undang Sekolah Tumbuh dalam Intensive Summer Camp 2023 di Jerman

Sekolahtumbuh.sch.id - 06 June 2023 12:06 - Ana Subagya

Sekolah Tumbuh mendapatkan kesempatan untuk menjadi peserta dalam Teaching Diversity-Diversity in Teaching (TDDT) Intensive Summer Camp 2023 dari Institute for German Language and Literature of University of Münster bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 5 hingga 17 Juni 2023 di University of Münster, Jerman. Diwakili oleh Ibu Khristi Listianawati selaku Principal SMP Tumbuh dan Ibu Sri Rahayu Widyastuti selaku Head of Center for Studies on Inclusive Education (CSIE), Sekolah Tumbuh mengikuti summer camp ini bersama dengan perwakilan mahasiswa S1, S2, S3 beserta dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan satu edukator dari SMA Kolose De Britto Yogyakarta. 


Agenda ini merupakan kelanjutan dari program yang sebelumnya pernah di lakukan di Indonesia pada September 2022 lalu dimana Sekolah Tumbuh sebagai salah satu peserta dan juga menjadi sekolah yang dikunjungi. “Teaching Diversity - Diversity in Teaching" (TDDT) adalah sebuah agenda yang didukung dan didanai oleh the German Academic Exchange Service (DAAD) dengan tema besar "Higher Education Dialogue with the Muslim World". 


Baca juga : Sekolah Tumbuh Berikan Training of Trainer Untuk Guru di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh


Suatu kebanggan bagi Sekolah Tumbuh dapat mengikuti program summer camp ini. Dengan didanai penuh dari German Academic Exchange Service (DAAD), TDDT ini akan meliputi beberapa agenda diantaranya The 2nd Intensive Camp, School Visits dan 3rd Multi-Professional Round Table. Pada kesempatan ini pula, peserta dari Indonesia akan sama-sama belajar dan mengamati bagaimana pendidikan inklusi terlaksana di sana. Seperti penerapan Universal Design For Learning (UDL) di beberapa institusi pendidikan, bagaimana melihat sisi lain dari sebuah disabilitas, dan perspektif inklusi di dunia pendidikan.


Ada sebuah keinginan bahwa ilmu yang didapat ini dapat dibawa dan diadopsi di sekolah dengan menyesuaikan kondisi di Indonesia. Layaknya konsep pembelajaran 3N dari Ki Hadjar Dewantara yakni Niteni, Nirokke dan Nambahi, kegiatan dari TDDT ini dapat mengambil banyak hal baik dan dapat menerapkannya di Sekolah Tumbuh. Harapan yang lain adalah agar program ini dapat terus berkelanjutan dan juga tetap saling bersinergi dalam memajukan pendidikan, tidak hanya untuk Yogyakarta saja namun juga Indonesia.