Apresiasi Pameran Karya Seni ARTJOG oleh SMA TUMBUH

Sekolahtumbuh.sch.id - 19 August 2024 10:00 - Daya Prisandi

Siswa kelas 11 SMA Tumbuh dan sejumlah edukator mengunjungi ARTJOG pada Senin, 5 Agustus 2024. Pameran yang diadakan di Jogja National Museum (JNM) ini bertemakan Motif: Ramalan. Maknanya adalah menghubungkan antara waktu yang lampau, masa kini dan esok, serta waktu antara esok dengan kini dan yang lalu. Pameran dibuka pada tanggal 28 Juli hingga 1 September 2024 dengan menampilkan karya dari 84 seniman mulai anak-anak hingga dewasa baik secara individu maupun berkelompok.


Pameran ini menampilkan sejumlah karya seni lukis dengan beragam tema termasuk karya yang memuat kritik sosial. Namun, pameran ini tentu tidak hanya menampilkan karya dalam bentuk lukisan saja. Siswa bisa melihat karya seni interaktif lainnya dalam bentuk musik, video, diorama, dan aroma. Tujuannya adalah agar siswa mampu mengenali seni melalui beragam bentuk dan rupa. 


Baca Juga : Kampanye Anti Kekerasan: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif, Berkebinekaan, dan Aman bagi Semua


Sejumlah karya milik siswa Sekolah Tumbuh yang lolos tahap kurasi juga turut ditampilkan, salah satunya ialah milik Rayaka Agashtya Wibowo, siswa kelas 11A SMA Tumbuh. Rayaka menampilkan dua buah karya seni lukis dengan judul “Kereta Api Luar Angkasa” dan “Robot Kereta Api”. Prestasi membanggakan inilah yang menjadi salah satu alasan siswa kelas 11 SMA Tumbuh melakukan kunjungan ke pameran ARTJOG, yakni untuk melakukan apresiasi pada teman yang karyanya berhasil melalui tahap kurasi dan dipajang di pameran.


Kunjungan ke pameran ini juga bertujuan untuk mengapresiasi karya para seniman dan memperkenalkan seni kepada siswa. Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu edukator yang mendampingi yakni Ibu Lintang Rizham, “Tujuannya mengapresiasi karya siswa, salah satunya Rayaka, juga mengapresiasi karya seniman sekaligus belajar tentang bagaimana cara mengapresiasi karya.” Harapannya siswa tidak hanya melihat-lihat saja, tetapi juga mampu memahami tujuan suatu karya dibuat.