63 Siswa-siswi SMA Tumbuh Melepas Tukik Jenis Penyu Lekang

Sekolahtumbuh.sch.id - 10 August 2023 14:51 - Ana Subagya

Sebanyak 63 siswa-siswi SMA Tumbuh melepas tukik jenis penyu Lekang di kawasan Pantai Goa Cemara Bantul pada Rabu (9/8). Agenda ini masuk ke dalam kegiatan outing class tentang wujud pelestarian keanekaragaman flora fauna di lingkungan yang bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK).


Perwakilan dari Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi, Mas Fajar mengungkapkan bahwa saat ini keberadaan penyu di dunia hanya ada 7 jenis, dan untuk 6 jenisnya terdapat di wilayah Indonesia. "Dari 6 jenis tersebut, 4 jenisnya pernah dan berpotensi untuk mendarat di pantai Bantul", ujarnya.


Potensi untuk penyu mendatangi daratan pesisir Bantul ini akan berlangsung sekitar bulan Mei hingga September. Mereka akan menepi ke pesisir untuk bertelur kemudian dari Balai Konservasi Penyu Pantai Goa Cemara akan melakukan pengecekan apakah telur tersebut dalam kondisi aman dari predator serta lalu lalang manusia atau tidak. Jika cukup aman akan ditandai lalu dibiarkan hingga menetas, jika tidak akan dibawa ke tempat konservasi lalu dieramkan selama kurang lebih 51 hari.


Baca juga : BPBD DIY Ajak Siswa Tanggap Darurat Gempa


Dalam hal ini, siswa mendapatkan pengalaman tentang jenis apa saja yang pernah ditangani di tempat konservasi, bagaimana cara menjaga telur tukik dengan aman, pengalaman tentang penyu yang pernah singgah, perawatan tukik yang baru menetas hingga siap untuk dilepas, serta tata cara bagaimana melepaskannya untuk kembali ke lautan.


Outing class kali ini merupakan kolaborasi beberapa mata pelajaran di antaranya Geografi, Bahasa Jawa, Area Pertumbuhan Pangan, Antropologi, dan Bahasa Inggris. Dengan tujuan antara lain mempelajari potensi kelautan dan kemaritiman di Indonesia, memahami konservasi flora dan fauna laut serta memahami karakter fisik kelautan.