BPBD DIY Ajak Siswa Tanggap Darurat Gempa

Sekolahtumbuh.sch.id - 13 July 2023 17:15 - Ana Subagya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengajak siswa Sekolah Tumbuh dalam aksi tanggap darurat gempa. Melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), BPBD DIY melakukan sosialisasi tanggap bencana bersama siswa SD Tumbuh 3 di kawasan nDalem Mangkubumen KT III/264 Yogyakarta pada Kamis (13/7). Sosialisasi ini ditujukan untuk seluruh siswa dari kelas Preparatory hingga Upper Grade, edukator, dan staf yang sedang bertugas.


Pengarahan yang dilakukan oleh BPBD DIY ini dilakukan dengan aktivitas pengenalan bencana gempa bumi seperti begaimana proses terjadinya gempa, fenomena gempa bumi dari berbagai belahan dunia, bagaimana cara penyelamatan diri saat terjadi gempa bumi, dan dilanjutkan dengan simulasi pengurangan resiko bencana.


BPBD menerangkan ke siswa bahwa kita tidak boleh panik apabila terjadi gempa bumi. Arahannya adalah pengamanan diri mulai dari bagaimana posisi tangan dalam melindungi kepala, mencari tempat untuk mengamankan diri seperti di bawah meja, setelah siswa aman edukator akan memastikan ke tim sekolah untuk persiapan pengkondisian, dilanjutkan dengan pengkondisian siswa untuk menuju ruang terbuka sebagai titik kumpul, pengecekkan apakah siswa sudah lengkap atau belum, dan semua dilakukan dengan kondisi tidak boleh panik.


Sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk upaya memberikan pemahaman terhadap pengurangan resiko bencana khususnya gempa bumi. Latihan juga perlu dilakukan berulang agar siswa semakin memahami hal apa saja yang perlu diperhatikan, dan yang pasti harus dilakukan dengan tenang, tidak panik dan menjunjung semangat no one left behind.