International Sign Language Day SMA Tumbuh, Hadirkan Tim BAWAYANG untuk Belajar Bahasa Isyarat Indonesia

Sekolahtumbuh.sch.id - 11 October 2024 10:00 - Daya Prisandi

International Sign Language Day atau Hari Bahasa Isyarat Internasional diperingati setiap tanggal 23 September tiap tahunnya. Tahun ini, SMA Tumbuh turut serta meramaikan peringatan hari bahasa isyarat sedunia dengan pelaksanaan seminar berjudul “Bahasa Isyarat sebagai Pemersatu Antarbudaya,” bersama Tim Bawayang. Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis, 26 September 2024 di Pendopo Sekolah Tumbuh Kampus Terpadu Sewon.

Kegiatan ini menjadi kesempatan baik bagi siswa untuk mempelajari bahasa isyarat Indonesia langsung dari para teman Tuli. Koordinator kegiatan yakni Ibu Agnes menyampaikan, “Sekolah Tumbuh sebagai institusi pendidikan yang mengusung nilai-nilai inklusi punya tanggung jawab untuk memberi edukasi kepada siswa berupa pengetahuan dan keterampilan tentang bahasa isyarat. Mulai dari seluk beluknya, jenis-jenis, dan implementasinya, termasuk isu-isi bahasa isyarat di masyarakat.” Alasan tersebut pula yang menjadikan Sekolah Tumbuh memilih Tim Bawayang sebagai narasumber. Tim Bawayang dinilai mampu memberikan materi secara santai dan perhatian tentang bahasa isyarat di Indonesia dan perkembangannya bagi teman Tuli.

Tim Bawayang membuka acara dengan memperkenalkan diri menggunakan bahasa isyarat. Kemudian mengajarkan abjad bahasa isyarat sesuai pedoman Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), bahasa ibu dari komunitas Tuli di Indonesia. Setelah itu, siswa diajarkan cara menanyakan nama dan memperkenalkan diri kepada orang lain. Siswa juga diajarkan bahasa isyarat lainnya yang umum digunakan seperti nama-nama makanan, minuman, benda sehari-hari dan lainnya. Ibu Agnes menambahkan bahwa kegiatan ini bisa memantik keinginan siswa dalam belajar sebuah bahasa baru.

Baca Juga : Intensive Program 2024: Kolaborasi SMA Tumbuh dengan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta

Tak hanya itu, siswa juga belajar cara menyanyikan lagu Mars Tumbuh menggunakan bahasa isyarat. Mulai dari lirik pertama hingga akhir, siswa mengikuti pelajaran dengan antusiasme tinggi. Pada akhir sesi, beberapa siswa melakukan rekaman video menyanyikan mars Tumbuh dengan bahasa isyarat yang sudah mereka pelajari. Berikut adalah link video lagu Mars Tumbuh versi bahasa isyarat

Harapannya, dengan pengetahuan ini, baik dari siswa maupun edukator ketika merespon keberadaan teman Tuli di sekolah dan saat menghadapi isu yang berkaitan dengan perkembangan atau dinamika penggunaan bahasa isyarat, bisa merespon dengan bijak. Ibu Agnes juga berpesan supaya belajar bahasa isyarat ini tidak hanya pada saat kegiatan ini saja, tetapi juga bisa dipelajari setiap hari dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ikuti kami di instagram : @tumbuh.highschool | @sekolahtumbuh