Outing Class Mata Pelajaran VISUAL ARTS SMA TUMBUH di Pameran Foto Internasional ISI

Sekolahtumbuh.sch.id - 23 August 2024 00:00 - Daya Prisandi

SMA Tumbuh secara berkala melaksanakan Outing Class, yakni mengunjungi tempat-tempat sumber belajar, agar siswa dapat memperoleh pengalaman belajar dan pengetahuan secara langsung dengan menyenangkan. 


Salah satu pembelajaran di luar kelas yang dilakukan oleh mata pelajaran Visual Arts adalah mengajak siswa-siswi kelas 12 pada hari Selasa, 30 Juli 2024 yang lalu, mengunjungi pameran yang diadakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Pameran ini merupakan hasil dari kolaborasi Photographic Society of America (PSA) dan Art Photography Indonesia (API) . Tema yang diangkat ialah “My Homeland” dan merupakan pameran foto internasional. Pameran ini berlangsung mulai dari tanggal 23 Juli hingga 12 Agustus 2024. Pada kesempatan ini, siswa diajak berkeliling ruang pameran dari lantai satu sampai tiga.


Baca Juga : APRESIASI PAMERAN KARYA SENI ARTJOG OLEH SMA TUMBUH


“Pameran foto ini menampilkan informasi yang unik dan khas di setiap negara”, ujar Pak Andi Purnawan Putra selaku Edukator Visual Arts. Siswa mendapatkan pengalaman belajar dengan berkeliling dan mengambil foto lalu  memilih tiga karya terbaik menurut versi mereka. Siswa akan mendiskusikan karya tersebut dan menyampaikan alasan karya tersebut adalah yang terbaik menurut mereka.


Pak Andi juga menambahkan bahwa siswa bisa belajar budaya luar dan melihat estetika di tiap-tiap gambar. Pameran ini menampilkan 262 karya fotografi dan 17 karya film, Pak Andi berharap bahwa pameran ini bisa mengajarkan nilai apresiasi pada karya seni. Siswa juga diharapkan bisa mempelajari budaya luar melalui karya-karya fotografi.