Study Skills Workshop, Agenda CSIE Sekolah Tumbuh Bersama Komunitas Javanese Singaporeans

Sekolahtumbuh.sch.id - 12 June 2023 08:04 - Ana Subagya

Sabtu (10/6) dan Minggu (11/6) Center for Studies on Inclusive Education (CSIE) Sekolah Tumbuh mengadakan Study Skills Workshop di SD Tumbuh 3 (Tumbuh Primary School) yang beralamat di nDalem Mangkubumen KT III/264 Yogyakarta. Kegiatan ini bekerjasama dengan dengan Mr. Suryakenchana Omar dan putrinya Karima Nasha Kenchana yang merupakan perwakilan Diaspora Jawa di Singapura dan Komunitas Javanese Singaporeans sebagai bentuk giving back project. Dalam hal ini, Mr. Suryakenchana dan Ms. Karima membagikan pengalaman pembelajaran yang diterapkan khususnya di Singapura, yang semoga bisa menginspirasi dan menjadi tambahan wawasan bagi warga Sekolah Tumbuh. 


Hari pertama adalah sesi untuk edukator dan orang tua siswa-siswi Sekolah Tumbuh dengan tema "How to Support Children’s Learning". Mr. Suryakenchana memulai sesi dengan bertanya apa yang menjadi tantangan orangtua dan edukator dalam mendampingi anak-anak. Sesi dilanjutkan dengan beliau menjabarkan bahwa setiap kita, khususnya anak-anak perlu memiliki paling tidak satu kemampuan dalam mengenali mana yang akan menjadi input, process, dan output belajar supaya bisa menjadi self-directed learner. Mr. Suryakenchana juga menjelaskan bagaimana membangun kebiasaan belajar anak, yaitu edukator dan orangtua bisa mengamati waktu belajar yang optimal untuk anak dan melakukan kegiatan-kegiatan belajar dengan cara yang menyenangkan: mengajak anak berefleksi, membangun suasana belajar yang tidak kaku, dan menjadikan teknologi sebagai ‘kawan’ dalam belajar.


Baca juga : Gatra Saka Ngayogyakarta : Pameran Karya Miniatur Sumbu Filosofi Yogyakarta di SD Tumbuh 2


Hari kedua dengan tema "I Can Study" diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Tumbuh. Pada kegiatan kali ini anak-anak diajak oleh Mr. Suryakenchana dan Ms. Karima untuk mempraktikkan teknik-teknik belajar. Dimulai dari belajar melakukan Instant Recall untuk mengulas satu topik pembelajaran dan dilanjutkan dengan membuat Term Review yang nantinya akan membantu anak-anak ketika menyambut penilaian akhir semester maupun ujian kelulusan. Saat membuat Term Review anak-anak diperbolehkan untuk berkreasi dalam bentuk tulisan, kata, kalimat, dan gambar untuk menuangkan apa yang diingatnya tentang semua topik pembelajaran yang sudah dipelajari, baik akademis di sekolah maupun ekstrakurikuler. Salah satu hal yang menarik adalah Instant Review dan Term Review dilakukan dalam rangkaian waktu yang cukup singkat sehingga akan lebih menyenangkan bagi anak-anak.


Dengan adanya kegiatan ini, harapannya bisa tercipta hubungan yang semakin baik antara edukator, orang tua, dan anak-anak karena memiliki pemahaman yang sama bahwa “studying can be fun, can be anywhere, at anytime”. Salam tumbuh bersama! -csie