Tumbuh High School Selenggarakan Pelatihan Jogja Educational Spirit Bagi Edukator dan Staf

Sekolahtumbuh.sch.id - 06 July 2023 14:31 - Ana Subagya

Center for Studies on Inclusive Education (CSIE) Sekolah Tumbuh berkesempatan untuk menjadi pemateri dalam pelatihan Jogja Educational Spirit untuk edukator dan staf Tumbuh High School pada Kamis (6/7) di Sekolah Tumbuh Kampus Terpadu Sewon, Bantul. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda Teacher at Work untuk edukator dan staf dalam mempersiapkan tahun ajaran baru 2023/2024.


Pada kesempatan ini hadir Head of CSIE Sekolah Tumbuh Sri Rahayu Widyastuti beserta Staf Publikasi CSIE Ria Putri yang telah mendapatkan materi tentang Pawiyatan Pamong di Kraton Yogyakarta untuk mengisi pelatihan tersebut. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memaknai sejarah dan filosofi Yogyakarta dan harapannya praktik baik ini dapat ditularkan ke seluruh kalangan sekolah khususnya SMP Tumbuh dan SMA Tumbuh.


Baca juga : Study Skills Workshop, Agenda CSIE Sekolah Tumbuh Bersama Komunitas Javanese Singaporeans


Pelatihan diawali dengan diskusi kelompok tentang mengapa Yogyakarta disebut istimewa dan dipresentasikan, kemudian ada paparan materi yang diambil dari Pawiyatan Pamong. Selain itu juga ada diskusi tentang bagaimana filosofi Hamemayu Hayuning Bawana, Manunggaling Kawula Gusti, dan Sangkan Paraning Dumadi yang menjadi filosofi khas Jogja.


Jogja Educational Spirit sendiri merupakan tagline dari Sekolah Tumbuh yang juga maknanya diambil dari sejarah panjang Yogyakarta yang Istimewa. Nilai-nilai yang terkandung didalamnya pun perlu untuk dilestarikan dan praktik baiknya harus tetap dijaga untuk semua generasi di sekolah.


Jogja Educational Spirit, Sawiji, Greget, Sengguh, Ora Mingkuh!