Memaknai Isra' Mi'raj, SD Tumbuh 4 Ajak Siswa Eksplorasi Perjalanan Spiritual Nuansa Timur Tengah

Sekolahtumbuh.sch.id - 15 February 2023 18:00 - Ana Subagya

SD Tumbuh 4 memperingati Isra' Mi'raj sebagai perayaan multikultural hari besar keagamaan yang dilaksanakan pada Rabu (15/2) bertempat di kawasan Kampus Terpadu, Jalan KH Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Dengan mengangkat tema “Isra’ Mi’raj Spiritual Journey 1444 H”, acara dilaksanakan secara meriah dengan penuh pemaknaan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW.


Rangkaian acaranya terdiri dari penampilan dari tiap kelas, story telling dan 'spiritual journey' yang diikuti oleh seluruh siswa SD Tumbuh 4. Pemaknaan perjalanan Isra' Mi'raj diawali dengan penjelasan oleh resource person yang menceritakan bagaimana kisah Nabi Muhammad SAW dalam melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke langit ke-7 untuk mendapatkan perintah sholat 5 waktu yang hingga saat ini dilakukan oleh umat Islam. Pemaknaan ini pun diceritakan dengan apik melalui tontonan animasi dan juga lagu-lagu yang dinyanyikan bersama-sama.


Setelah diceritakan tentang kisah Isra' Mi'raj, siswa pun diajak untuk berjalan ke berbagai ruangan yang telah didekorasi seolah dapat merasakan sebagaimana kisah yang diceritakan. Ruangan terdiri dari tiga tempat yakni menggambarkan Masjidil Haram, Masjidil Aqsha, dan perjalanan menuju langit ke-7. Di dalam ruangan tersebut, terdapat satu edukator yang berperan sebagai story teller dan membuka interaksi untuk siswa apabila ada sesuatu yang ditanyakan dan didiskusikan.


Selain itu, ada pula costume and potluck party dengan tema tema Timur Tengah. Dimana siswa menggunakan pakaian Timur Tengah dan membawa menu makanan cita rasa Timur Tengah. Kemudian siswa diajak untuk membuat replika masjid dengan menggunakan tanah liat.


Perayaan Isra' Mi'raj yang merupakan program perayaan hari besar keagamaan di Sekolah Tumbuh dipilih oleh SD Tumbuh 4 dengan tujuan untuk memberikan pemaknaan sebuah perjalanan spiritual agama Islam. Dalam hal ini, pemaknaan tidak hanya untuk siswa yang beragama Islam saja namun juga pengetahuan bagi seluruh siswa.


Di akhir acara, siswa juga diajak untuk mendengarkan paparan tentang pemaknaan perjalanan spiritual dari berbagai agama yang disampaikan oleh masing-masing edukator agama. Harapannya, toleransi terhadap keberagaman khususnya keberagaman agama di Sekolah Tumbuh dapat terus terjaga untuk saling berdampingan dan menghargai satu sama lain.