SD Tumbuh 1 Rayakan Hari Radio Sedunia Lewat Program Literasi

Sekolahtumbuh.sch.id - 13 February 2023 16:13 - Ana Subagya

SD Tumbuh 1 merayakan Hari Radio Sedunia (World Radio Day) pada Rabu 13 Februari 2023 di Kampus Jetis, Jalan AM Sangaji 48 Yogyakarta. Perayaan ini dikolaborasikan dengan Library event yang di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan radio dan literasi.


Kegiatan dikemas dengan nuansa vintage, dimana seluruh warga sekolah mengenakan kostum dengan tema vintage atau 80-90an agar membawa kita semua pada era tempo dulu saat radio menjadi trend pada masanya. Pada kesempatan ini, siswa melakukan berbagai kegiatan antara lain belajar story telling dengan resource person, lomba cerdas cermat, membuat mading dan praktik story telling yang dibagi menjadi beberapa kelompok berdasar kan tingkat kelas dan kemudian dilombakan.


Lomba terbagi empat kegiatan dengan tema radio dan literasi. Dalam hal ini, siswa bebas berekspresi tentang cerita dan tulisan apa yang akan mereka bawakan, serta tema apa yang sesuai dengan Hari Radio Sedunia. Di akhir acara, ada penyerahan hadiah untuk pemenang dari masing-masing lomba.


Program literasi merupakan program unggulan dari SD Tumbuh 1 dimana perpustakaan SD Tumbuh sudah terakreditasi. Melalui acara ini diharapkan antusias tentang literasi dari seluruh warga sekolah terus meningkat, terlebih melalui kolaborasi dengan Hari Radio Sedunia. Saat ini, SD Tumbuh 1 sedang merintis adanya radio sekolah melalui ruang Laboratorium Audio dimana akan digunakan sebagai ruang ekspresi karya siswa melalui suara, seperti kegiatan little broadcaster, public speaking, iklan produk kidpreneur, live music, dan kegiatan bersama lainnya.