Outstanding Music Festival, Agenda Puncak Pembelajaran SD Tumbuh 1

Sekolahtumbuh.sch.id - 15 June 2023 08:01 - Ana Subagya

SD Tumbuh 1 menutup pembelajaran tahun 2022/2023 dengan menyelenggarakan Tumbuh Fair dengan tema Outstanding Tumbuh Music Festival pada Rabu (14/6) bertempat di Sleman City Hall. Agenda ini merupakan puncak dari pembelajaran semester genap dengan menampilkan beberapa pertunjukkan dan juga menyuguhkan karya berupa video clip yang merupakan project untuk satu semester.

Kepala SD Tumbuh 1 Analistia Puspa dalam sambutannya mengatakan bahwa pameran karya ini merupakan hasil kolaborasi siswa, edukator, dan orang tua dalam bentuk karya musik. Dalam hal ini, musik merupakan tema yang diangkat di semester 2. Karena melalui musik, siswa dapat belajar apapun seperti IPA, matematika, bahasa, seni, sejarah, dan lain sebagainya.

Karya yang ditampilkam adalah hasil dari proses pembelajaran selama 6 bulan. Siswa belajar banyak untuk membuat suatu proyek akhir ini, seperti instrumen, menulis lirik, menyanyikan lagu bahasa asing serta mengenal berbagai genre musik. Dalam prosesnya pun, siswa diajak untuk belajar melalui berbagai media, bahkan mendatangkan resource person yang ahli di bidang musik. Dan untuk mendukung keistimewaan kampus yang berupa Entrepreneurship, siswa juga diajak untuk belajar menghitung berapa dana yang dikeluarkan dalam proses produksi video klip.


Baca juga :
Dihadiri Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sekolah Tumbuh Kampus Terpadu Sewon Menggelar "Jogjadiwarna"
Selamat! Putri Ariani, Alumni Sekolah Tumbuh Dapatkan Golden Buzzer di America's Got Talent


Pengalaman yang didapatkan juga sangat berharga, baik bagi siswa, edukator bahkan orang tua yang tentunya kerjasama ini dapat dinikmati bersama dalam Tumbuh Fair kali ini. Kolaborasi juga dilakukan dalam pementasan musik seperti penampilan TumBand yang merupakan band sekolah dengan anggotanya adalah siswa bersama dengan edukator, atau penampilan modern dance dari alumni.

Acara juga dimeriahkan flashmop dengan menyanyikan jingle ciptaan siswa, paduan suara Gamakan Sangaji, penampilan gamelan dari siswa dan edukator, serta student's awarding.