Mencicipi Kreativitas Bisnis Kuliner Nusantara dalam Fundraising & Business Day 2023

Sekolahtumbuh.sch.id - 23 May 2023 18:28 - Ana Subagya

Fundraising & Business Day 2023 Tumbuh High School terselenggara kembali pada Mei 2023 bertajuk “Level Up Taste of Nusantara”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bisnis kuliner nusantara kepada siswa dengan cara praktik langsung menggunakan strategi promosi yang tepat, efektif dan efisien.


"Level Up Taste of Nusantara" memberi kesempatan kepada siswa untuk mempelajari dan mencoba bisnis kuliner Nusantara. Dalam kegiatan ini, siswa belajar cara membuat, menjual, dan mempromosikan bisnis kuliner Nusantara dengan strategi yang tepat. Selain itu, siswa juga akan belajar cara mengelola bisnis kuliner Nusantara agar dapat berkembang dengan baik.


Kegiatan diawali dengan pembekalan materi tentang strategi promosi dan proses administrasi keuangan dengan mengundang praktisi yang kompeten di bidangnya. Dalam materi strategi promosi menghadirkan Dosen dan Praktisi Periklanan Erwan Sudiwijaya, serta materi administrasi keuangan menghadirkan edukator Ekonomi Bernadeta Yasinta. Puncak dari kegiatan Fundrasing & Business Day adalah Food Bazaar, dimana siswa akan diberi modal kemudian mengolah dan  menjual kuliner Nusantara tersebut dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok wajib menyajikan olahan makanan dari satu daerah yakni Semarang, Solo, Kalimantan, Bali, Yogyakarta, Sumatera, Bogor, Jakarta, Bandung dan Jawa Timur.


Kegiatan ini juga mengundang para orang tua dan tokoh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembelian olahan kuliner Nusantara tersebut. Hasil dari penjualan Food Baazar akan digunakan untuk membeli bibit mangrove dan akan ditanamkan di Kawasan Pantai Baros Bantul melalui program Mangrove Planting. Program ini telah dilaksanakan secara rutin sejak 2011 oleh Tumbuh High School bekerja sama dengan Keluarga Pemuda Pemudi Baros.