Tumbuh Scout Camp Jadi Puncak Kegiatan Pramuka di SMA Tumbuh

Sekolahtumbuh.sch.id - 27 May 2023 15:00 - Ana Subagya

SMA Tumbuh untuk pertama kalinya menyelenggarakan Tumbuh Scout Camp pada 24-26 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Dewikasari, Desa Wisata Kalak Ijo, Guwosari, Pajangan, Bantul. Dengan mengangkat tema Tangguh, Berani, Utuh, agenda ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Tumbuh yang terbagi menjadi 5 sangga atau kelompok.


Koordinator Kurikulum SMA Tumbuh Ratri Esti menyatakan bahwa tema Tangguh, Berani, Utuh diangkat karena ingin menumbuhkan karakter kepada siswa bahwasanya mereka harus dapat survive dan tangguh, berani melewati tantangan serta dapat bersosial dengan baik dengan siapapun seperti dalam hal pertemanan, kerja tim serta leadership.


Kurang lebih ada 50 peserta dalam kegiatan ini, yang didalamnya juga terdapat edukator serta kakak-kakak dari tim pembina Pramuka. Dalam hal ini siswa diajak untuk melakukan kegiatan kepramukaan seperti mendirikan tenda, tali temali, jelajah, lomba-lomba, api unggun dan pentas seni, serta pelantikan Bantara untuk siswa kelas 10. Kak Panji, perwakilan kakak pembina dalam amanat ketika upacara api unggun mengungkapkan tentang pentingnya citra dan semangat diri untuk masa depan. Harapannya ketika lulus, siswa akan seperti api yang memiliki semangat membara dan akan selalu ingat bahwa mereka telah melakukan banyak hal di Sekolah Tumbuh.


Baca juga : Mencicipi Kreativitas Bisnis Kuliner Nusantara dalam Fundraising & Business Day 2023


Ketua Majelis Pembina Gugus Depan SMA Tumbuh Emy Rahmawati dalam pelantikan Anggota Pramuka Penegak Bantara bahwa akan mendukung apapun yang akan dilakukan khususnya tentang hal-hal positif dan menegaskan untuk tetap bertanggung jawab atas berbagai pilihan yang dilakukan. Pelantikan tersebut diikuti oleh seluruh peserta dari kelas 10, dan untuk pemberian lencana serta sertifikat diwakili oleh Vinda dari kelas 10A dan Andras dari kelas 10B.


Tumbuh Scout Camp dari SMA Tumbuh ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan puncak dari ekstrakurikuler Pramuka atau Tumbuh Scout di Sekolah Tumbuh. Setelah tahun lalu hanya dilakukan di sekolah karena pandemi dan tatap muka terbatas, akhirnya pada tahun ini SMA Tumbuh sukses menyelenggarakannya di luar sekolah dengan menyenangkan.