Culture Fest Kembali Digelar, SD Tumbuh 3 Suguhkan Nuansa Asia

Sekolahtumbuh.sch.id - 22 February 2023 09:00 - Ana Subagya

Setelah lama tidak terlaksana akibat pandemi, akhirnya SD Tumbuh 3 menyelenggarakan kembali Culture Fest dengan mengangkat tema "Nurturing Culture, Elevating Peace" bertempat di nDalem Mangkubumen KT/258 Yogyakarta pada Jumat (22/2). Dengan mengambil sample kawasan negara-negara di Asia, Culture Fest 2023 membawa siswa untuk menikmati suasana keberagaman multikultural melalui pentas seni, pameran, kuliner, dan fashion.


Tahun ini, Culture Fest dimeriahkan dengan persembahan kelompok kelas yang menyajikan penampilan perwakilan negara di Asia yakni Thailand, Kamboja, Korea Selatan, Saudi Arabia, Vietnam, Tiongkok dan Nepal. Setiap kelas akan melakukan berbagai kegiatan seperti fashion show dengan menggunakan pakaian adat dari negara tersebut, pentas seni berupa menyanyikan salah satu lagu di negara yang dipilih, dan juga menghias kelas masing-masing sesuai dengan negara di kelompoknya.


Acara dibuka dengan kirab di area sekolah dilanjutkan dengan tarian pembuka yang ditampilkan oleh Kak Yanuar, salah satu edukator di SD Tumbuh 3. Di sela-sela pertunjukan, para penonton yang hadir menyaksikan juga dipersilakan untuk berkeliling memasuki ruang kelas yang telah didekor sesuai dengan pilihan negaranya dan juga dapat mencicipi hidangan yang dijual di bazaar Culture Fest.


Baca juga : Taburkan Kasih dalam Pemaknaan Rabu Abu di SD Tumbuh 2


Culture Fest 2023 juga dikolaborasikan dengan event World Radio Day, dimana SD Tumbuh 3 mengundang Kak Pandu yang merupakan salah satu penyiar di Swaragama FM Jogja sebagai narasumber talk show tentang keradioan. Di akhir acara, ada pementasan dari siswa yang membawakan lagu-lagu dengan menggunakan bahasa sesuai dengan negara yang dipilih.


SD Tumbuh 3 atau Tumbuh Primary School merupakan jenjang Sekolah Dasar dengan tagline yang diusung adalah Cultivating Global Mind Embracing Local Wisdom dimana program yang dilaksanakan adalah untuk memperkaya ragam kebudayaan internasional namun juga tidak meninggalkan budaya tanah air. Setiap tahunnya selalu ada perayaan internasional dan event internasional, salah satunya Culture Fest.