Tumbuh High School Melakukan Penanaman Mangrove di Pantai Baros Bersama Sekolah Tunas Bangsa Kupang

Sekolahtumbuh.sch.id - 23 May 2023 19:00 - Ana Subagya

Tumbuh High School kembali menyelenggarakan Mangrove Planting #19 "Seeds for The Future" pada Rabu (17/5) bertempat di kawasan Pantai Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul. Agenda ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Tumbuh High School dan Keluarga Pemuda Pemudi Baros yang dilakukan secara rutin sejak 2011.


Tahun ini, Tumbuh High School melakukan penanaman mangrove bersama dengan Sekolah Kristen Tunas Bangsa Kupang yang sedang melakukan studi banding dan kegiatan bersama di Sekolah Tumbuh Kampus Terpadu Sewon. Bapak Elvis selaku pendamping dari Sekolah Kristen Tunas Bangsa Kupang mengungkapkan bahwa kunjungan dan kegiatan bersama kali ini yakni berjejaring antar sekolah dan dalam kegiatan pembelajaran dan semoga dapat terus melakukan kunjungan rutin ke Sekolah Tumbuh.


Baca Juga : Mencicipi Kreativitas Bisnis Kuliner Nusantara dalam Fundraising & Business Day 2023


Tema Seeds for The Future diambil dengan latar belakang tahun ini merupakan penanaman ke 19 yang harapannya ada sebuah perubahan untuk masa depan, seperti titik tanam yang berbeda dari penanaman-penanaman tahun sebelumnya. Dalam hal ini ketika tanaman mangrove tumbuh, Tumbuh High School akan turut melestarikan lingkungan khususnya pinggir pantai dan juga dapat menjadi cerita di masa depan.


Perwakilan dari Keluarga Pemuda Pemudi Baros, Mas Wawan menceritakan bahwa penanaman tahun ini dilakukan di dekat tanaman mangrove yang pernah ditanam oleh siswa-siswi Tumbuh High School pada tahun 2013-2014 lalu yang saat ini sudah bertumbuh dan bermanfaat untuk ekosistem di sekitar pantai. 


Mangrove Planting merupakan salah satu program unggulan dari Tumbuh High School yang dilakukan oleh seluruh siswa-siswi SMP Tumbuh dan SMA Tumbuh. Rangkaian kegiatannya diawali dengan kegiatan Fundraising and Business Day, dimana hasil keuntungannya untuk pembelian bibit mangrove. Principal SMP Tumbuh Ibu Suharyanti mengungkapkan bahwa harapan dari terselenggarakannya program tahunan ini adalah semoga kita tetap bisa menjaga dan melestarikan alam demi masa depan.